Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
Dosen Pengampu: Rayi Pasya, S.Sos.I., M.Hum.

                                                                         
 









Disusun oleh :

Mamay Siti Maesaroh
Lisda Nurlaela



INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID)
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
CIAMIS – JAWA BARAT
2015



 





Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya, terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah “Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)”. Shalawat beserta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Besar kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.
Kami menyadari bahwa banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Ciamis, November 2015
                       

Penulis






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...................................................................................  i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................
A.    Latar Belakang................................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah............................................................................................ 1
C.     Tujuan Masalah................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN..............................................................................
A.    Karakteristik dan Manfaat Jaringan Komputer.................................................. 2
B.     Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet...................... 6
C.     Mendeskripsikan Cara Akses Internet............................................................ 14
BAB III PENUTUP......................................................................................
A.    Kesimpulan.................................................................................................... 17
B.     Saran............................................................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................  19







PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat. Pada era 80an jaringan komputer masih menjadi teka teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi dan pada tahun 1988 jaringan komputer muali digunakan di universitas dan perusahaan.
       Perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, pada mula perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, dan kini banyak jaringan yang dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.
       Sebelum lebih banyak dijelaskan mengenai jaringan komputer secara teknis, pada bab pembahasan kami akan menjelaskan karakteristik dan manfaat jaringan komputer, perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet, dan mendeskripsikan cara akses internet.

B.  Rumusan Masalah
        1.     Bagaimana karakteristik dan manfaat jaringan komputer?
        2.     Jelaskan perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet?
        3.     Bagaimana cara akses internet?

C.  Tujuan Masalah
        1.     Untuk mengetahui karakteristik dan manfaat jaringan komputer.
        2.     Untuk mengetahui perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet.
        3.     Untuk mengetahui cara akses internet.





BAB  II
PEMBAHASAN

A.  Karakteristik dan Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan peralatan lain yang saling dihubungkan bersama menggunankan media komunikasi tertentu, sehingga memungkinkan pengguna jaringan untuk saling bertukar  data atau menggunakan sumber daya (resource).
  Manfaat jaringan komputer bagi manusia dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya manfaat jaringan untuk perusahaan, jaringan untuk umum, dan masalah sosial jaringan.
        1.     Jaringan untuk Perusahaan/Organisasi
Ada beberapa keuntungan apabila membuat jaringan untuk perusahaan/organisasi, yaitu :
·      Resource Sharing (usaha untuk menghilangkan kendala jarak), ini bertujuan agar seluruh program dan peralatan, khususnya data, dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
·      Reliabilitas Tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif/pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan.
·      Skalabilitas yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah presesor.
·      Media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan.  
        2.     Jaringan untuk Umum
Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan, yaitu :
·      Access ke informasi yang berada di tempat yang jauh. Ada bermacam-macam jaringan bentuk access ke informasi jarak jauh yang dapat dilakukan, terutama setelah berkembangnya teknologi internet, berita-berita di koran sekarang dapat di download ke komputer kita melalui internet. Tidak hanya itu, sekarang kita dapat melakukan pemesanan suatu produk melalui internet, bisnis yang dikenal dengan istilah electronic commerce (e-commerce) sekarang sedang berkembang dengan pesat.
·      Komunikasi orang ke orang. Adanya fasilitas electronic mail (e-mail) mempermudah komunikasi orang ke orang. E-mai dapat dipakai secara meluas oleh jutaan orang. Komunikasi melalui e-mail ini masih mengundang delay atau waktu tunda.
·      Hiburan interaktif.  Kita dapat memilih film atau tayangan dari negara mana saja dan kemudian ditampilkan pada layar monitor atau layar televisi.
        3.     Masalah Sosial Jaringan
Penggunaan jaringan oleh masyarakat yang luas akan menyebabkan masalah-masalah sosial, etika, dan politik. Internet telah masuk ke segala penjuru kehidupan masyarakat. Semua orang dapat menggunakan dan memanfaatkan internet tanpa memandang status, usia, jenis kelamin, dan hal lainnya. Internet tidak akan menyebabkan masalah apabila subjeknya terbatas meliputi pendidikan, hobi, topik-topik teknis, dan hal-hal dalam batas norma-norma kehiduapan.
Adanya topik yang menarik perhatian pada situs internet, seperti politik, agama, atau seks. Gambar-gambar yang dipasang di situs-situs itu mungkin akan mengganggu bagi sebagian orang. Foto berwarna dan resolusi tinggi dan bahkan video clip dapat dengan mudah disebarluaskan melalui jaringan komputer.
Jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian di antaranya yaitu :
                  1.            Personal Area Network (PAN)
Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
Kontrol dilakukan dengan authoritas pribadi.
Data yang ditransmisikan juga bersifat khas dan personal karena digunakan untuk kepentingan pribadi.
Teknologi dan protokol yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP), Wifi, Infrared, Bluetooth, dsb.
Jangkauannya bisa hanya beberapa meter saja, namun juga bisa ratusan hingga ribuan kilometer dengan memanfaatkan jaringan global.
             2.     Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering digunakan untuk  menghubungkan komputer-komputer milik pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakainya bersama resource (misalnya printer atau scanner) dan saling bertukar informasi.
LAN memiliki ukuran yang terbatas, waktu transmisi pada keadaam terburuknya terbatas.
LAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi berikut :
·         Beroperasi dalam area geografis yang terbatas ( pada sebuah bangunan kantor, kampus atatu jaringan rumah ).
·         Memberikan akses kepada pengguna melalui media dengan kecepatan yang tinggi
·         Menyajikan kontrol jaringan secara private di bawah kendali administrasi lokal.
·         Menyajikan konektivitas full time untuk servis-servis lo
        3.     Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan jenis jaringan untuk mentransmisikan data yang tidak lagi bersifat pribadi/institusi, melainkan data/informasi yang bersifat semipublik. Misalnya untuk layanan Video on Demand, TV Kabel, komunitas pendidikan, dsb. Hak akses user terhadap informasi yang berada di dalamnya dibatasi oleh berbagai persyaratan. MAN biasanya tidak dimiliki oleh suatu institusi, kecuali infrastrukturnya. Berbagai institusi bisa mengelola data dan transmisinya secara independen sesuai konten yang dikelolanya. Oleh sebab itu MAN juga tidak dikelola oleh satu sistem admin jaringan. Pengguna akhir (end user) MAN tidak selalu trusted dan tertentu, namun juga tidak selalu massal dan unidentified sehingga tidak setiap orang bisa mengakses dengan bebas. Radius jangkauan MAN sekitar 5 and 50 km, atau seluas kota. Protokol dan teknologi pada MAN hampir sama dengan LAN. Perbedaan terbesar terletak pada ukurannya yang lebih besar sehingga dapat dikatakan MAN merupakan LAN yang berukuran besar (Tane,1997)
        4.     Wide Area Network (WAN)
       WAN merupakan jenis jaringan untuk mentransmisikan data yang bersifat publik, tidak bersifat pribadi/ institusi. Salah satu contoh jaringan ini adalah internet. Pengguna akhir (end user) tidak selalu trusted. Tidak ada batasan karakteristik user tertentu. Namun demi keamanan dan efektivitas pengelolaan dan pelayanan ke user beberapa penyedia layanan/informasi di jaringan global ini memerlukan identitas pengguna.
     WAN tidak dimiliki oleh suatu institusi. Berbagai institusi bisa mengelola data dan transmisinya secara independen sesuai konten yang dikelolanya. Oleh sebab itu WAN juga tidak dikelola oleh satu sistem admin jaringan. Namun demi ketertiban, ada organisasi publik/ asosiasi yang mengaturnya bagi kepentingan bersama seperti IEEE, InterNIC, APJII, dsb. Jarak antar simpul yang terhubung antara 100 km – 10.000 km (Tane 97). WAN sering dimanfaatkan oleh jenis jaringan lain untuk mentransmisikan data, al PAN, LAN, MAN, dan IPN. Dalam praktiknya terdapat dua LAN atau lebih milik satu perusahaan (yang saling mengkomunikasikan data perusahaan) dapat memanfaatkan jaringan global. Model seperti ini disebu Intranet. Selain itu banyak terminologi lain bagi jaringan- jaringan global seperti Outernet, Ekstranet, Internet Exchange, dsb.
                  5.            Interplanet Network ( IPN )
      IPN merupakan jaringan komunikasi antar- planet, satelit, asteroid, pesawat ruang angkasa robot, pesawat ruang angkasa berawak. Jaringan ini berupa backbone yang menghubungkan komunitas dan infrastruktur di entitas tersebut.

B.  Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet
a)   Perangkat Keras Utama untuk Mengakses Internet
                  1.     Komputer
Komputer merupakan komponen pertama untuk mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi komputer, semakin cepat kinerja akses internet. Semakin rendah spesifikasi komputer, maka semakin lambat pula kinerja akses internetnya.
Spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
1)   Komputer minimal pentium III dengan menggunakan processor 500 MHz (Mega Herz).
2)   RAM (Random Acces Memory) minimal 64 Mb (Mega bytes). RAM juga disebut memori yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara.
Dalam komputer terdapat beberapa perangkat, yaitu :
·      Monitor.
Spesifikasi monitor terbagi menjadi :
ü CGA (Color Graphics Adapter). Monitor jenis ini memilki resolusi maksimal 640x200 dan bisa menampilkan 4 warna saja. Jenis monitor ini adalah monitor dengan resolusi kualitas rendah menurut IBM.
ü EGA, monitor ini memilki resolusi meksimum 640x350 yang mencukupi untuk penggunaan tingkat tinggi, seperti menampilkan mode grafis. Monitor jenis ini mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80x25 karakter atau 40x25 karakter).
ü VGA (Video Graphics Array). Monitor ini memiliki resolusi maksimum 800x600.
·      Memory (RAM)
RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB. Semakin tiggi suatu memory, maka akan semakin banyak yang dapat ditampung oleh komputer. Data pada RAM bersifat volatif, artinya data akan hilang apabila komputer dimatikan atau terjadi pemadaman listrik.
Sifat-sifat dari memory adalah sebagai berikut :
ü Temporer, artinya data yang terdapat dalam komputer akan hilang apabila komputer dimatikan.
ü Random, artinya dalam membaca data dilakukan secara acak.
·      Processor Pentium
Processor dapat diartikan sebagai sebuah otak dalam komputer. Processor berfungsi mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai. Semakin tinggi processor semakin cepat pula komputer dalam mengolah perintah. Processor yang dapat digunakan untuk akses internet minimal Pentium 133 MHz.
·      Hardisk
Hardisk merupakan tempat menyimpan program/data yang ada di dalam komputer. Hardisk yang digunakan minimal 2 GB. Hardisk yang besar mempengaruhi banyaknya softwere yang disimpan.

                  2.     Modem (Modulator Demodulator)
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Demodulator adalah bagian dari yang memisahkan sinyal imformasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima, sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah, umumnya menggunakan bagian yang disebut modem, seperti VSAT dan Microwave Radio. Modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunkan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi senyal analog. Modem terbagi atas :
·      Modem Dial Up (Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL), berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon, sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Jenis modem ini ada dua macam : modem internal (dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer dan memilki rata-rata kecepatan 56 Kbps untuk mendownload) dan modem ekternal (letaknya di luar CPU komputer, dihubungkan pada komputer dengan menggunakan port com atau USB).
·      Modem Kabel (Cable Modem) adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial-up atau modem ASDL. Kecepatan maksimumnya 27 Mbps untuk mendownload ke pengguna dan 2,5 Mbps untuk mengupload dari pengguna.
·      Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Berguna untuk memecah sinyal telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data.
·      Modem CDMA merupakan sebuah nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta dengan menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ketiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900 Hz.
                  3.     Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet, karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan ISP. Proses ini sama dengan proses kita menelpon biasa, tetapi apabila ada telepon masuk pada saat kita menggunkan modem, maka si penelepon akan mendengar nada sibuk dan tidak dapat menghubungi kita. Kecepatan modem sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus dibayar setiap bulan. Modem yang cepat akan lebih hemat uang daripada modem yang lambat.
Akses internet dapat juga menggunakan hal berikut :
·      Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet dan juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up.
·      Satelit
VSAT (Very Small Aperature Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
Protokol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application Protocol) adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah handphone bisa akses ke internet.
b)   Perangkat Keras Pendukung untuk Mengakses Internet
                  1.     Komputer untuk Server
Komputer server adalah komputer yang memberikan layanan kepada komputer lain (computer client). Pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak. Komputer server biasa mempunyai kemampuan yang lebih handal dibanding komputer client. Di internet, komputer server berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen web dari website tertentu.
                  2.     Komputer untuk Workstation (client)
Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer ini biasanya mempunyai kemampuan yang lebih rendah daripada komputer server. Pada saat mengakses internet, komputer dapat disebut komputer client, karena komputer menerima layanan dari komputer server milik website yang dikunjungi.
                  3.     LAN Card atau NIC (Network Interface Card)
Pada komputer MAC menggunakan satu kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau CSCI port. Sedangkan pada notebook menggunakan PCMCIA. Kartu jaringan yang biasa digunakan adalah kartu jaringan Ethernet dan kartu token ring.
                  4.     HUB Konsentrator
HUB merupakan perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dan tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dengan menggunakan HUB kita dapat menambah workstation setiap saat tanpa mengganggu jaringan lain yang sedang beroperasi.
Ciri-ciri HUB adalah :
·      Umunya terdiri atas 8 port, 12 port, 24 port, 48 port, dengan konektor RJ 45.
·      Digunakan pada topologi bintang.
·      Harganya terjangkau.
·      Mudah digunakan.
                  5.     Kabel
Kabel berfungsi untuk menghubungkan server dengan workstation. Macam-macam kabel antara lain :
·      Kabel Coaxial
Kabel ini memilki hubungan antara titik koneksi maksimum 500 m. Keuntungan dari kabel ini adalah harganya yang murah dan tidak membutuhkan HUB.

·      Kabel Twisted Pair
Kabel ini terbagi menjadi dua, yaitu shielded (memilki selubung pembungkus) dan unshielded (tanpa selubung pembungkus). Untuk koneksinya menggunakan RJ 11 atau RJ 45.
·      Kabel Fiber Optik (FO)
Jaringan yang menggunakan kabel ini biasanya perusahaan besar, dikarenakan harganya dan proses pemasangannya yang lebih sulit. Kecepatan pengiriman data dengan menggunakan kabel ini lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan. 
                  6.     Conector RJ 45
Konektor RJ 45 adalah alat konektor yang dipasang di setiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antara komputer, HUB maupun switch.
·      Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) ialah salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network), selain karena harganya relatif murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan. Sesuai dengan namanya, unshielded twisted pair yang berarti kabel pasangan berpilin/berbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran.
·      Kabel Straight merupakan kabel yang mempunyai cara pemasangan yang sama antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya. Digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda. Urutan kabel ini adalah sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai). Contoh penggunaan kabel ini anatara lain :
ü Menghubungkan antara komputer dengan switch.
ü Menghubungkan komputer dengan LAN pada modem kabel/DSL.
ü Menghubungkan router dengan LAN pada modem kabel/DSL.
ü Menghubungkan switch ke router.
ü Menghubungakan HUB ke router.
·      Kabel Cross Uver merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Contoh penggunaannya sebagai berikut :
ü Menghubungkan dua buah komputer secara langsung.
ü Menghubungkan dua buah switch.
ü Menghubungkan dua buah HUB.
ü Menghubungkan switch dengan HUB.
ü Menghubungkan komputer dengan router.
                  7.     UPS (Uninterupdate Power Supply)
UPS merupakan alat yang berfungsi sebagai back up tegangan alat listrik sekaligus menstabilkan tegangan.




                  8.     Printer
Printer digunakan untuk mencetak hasil kerja pada kertas komputer. Ketika kita menggunakan internet mungkin kita dapat menggunakannya untuk menampilkan beberapa informasi dari internet melalui media kertas kerja.
                  9.     Switch
Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwading berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung antara komputer atau router pada satu area yang terbatas. Switch bekerja pada lapisan data link. Cara kerjanya hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port, sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
              10.     Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli. Singkatnya, repeater ini digunakan untuk menguatkan sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal asli.
              11.     Bridge
Bridge merupakan sebuah jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge  juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda.
              12.     Router
Router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

C.  Mendeskripsikan Cara Akses Internet
Badan pengatur internet diseluruh dunia diatur oleh badan sebagai berikut:
  • Internet society (ISOC), merupakan badan yang bertanggung jawab untuk aplikasi tehnologi internet serta permasalahan politik dalam jaringan internet itu sendiri.
  • Internet Architecture Board (IAB), nerupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengatur standarisasi internet, misalnya dalam pengaturan penomoran protocol IP. Internet engineering task force (IETF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk standar-standar internet, misalnya aplikasi, routing dan addreaing serta keamanan komputer.
  • Internet Research Task Force (IRTF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk penelitian-penelitian internet jangka panjang.
Berikut ini cara menghubungkan diri dengan ISP dengan memakai windows XP:
  • Klik start-My network olaces properties. klik create a new conection. Kemudian muncul New colennection wizard klik next
  • setelah itu muncul kotak dialog, cari dan klik connect to the internet.Kemudian klik next;
  • pilih set up my connection manually, kemudian klik next;
  • klik connect using a dial-up modem. Kemudian klik next;
  • masukkan nama ISP-nya, misalnya pustakers. kemudian klik next, masukkan pula nomor dial-up telepon ISP. Misalnya, tanpa menuliskan kode area, klik 4210233.kemudian klik next;
  •  Masukkan username dan password-nya, kemudian klik next; Setelah itu proses setting selesai. klik Finish.

a)      Akses Internet menggunakan ISP
Untuk bisa mengakses internet melalui penyedia layanan internet (ISP-Internet Service Provider) saja, anda harus maenggunakan uang untuk membayar biaya pendaftaran, membayar uang bulanan serta membayar uang kelebihan jam koneksi. Ditambah lagi anda juga harus membayar uang pulsa telepon (plus abondemennya).
Kini anda bisa mengakses internet melalui ISP-G (ISP-Gratis); yang dipelopori oleh Telkom Net Instan; dari rumah anda kapanpun anda inginkan. anda hanya perlu membayar pulsa telepon ke TELKOM sesuai tarif yang ditentukan. anda tidak perlu repot melakukan kontrak langganan untuk mendaftar ke ISP, tidak perlu membayar uang bulanan ke ISP dan tidak perlu lagi membayar biaya koneksi kelebihan jam. Koneksi internet dari TELKOM sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru digratiskan sejak bulan September 1999. TelkomNet Instan menggunakan Gateway langsung dari Amerika Serikat. Kecepatan koneksi yang bisa diperoleh oleh user berkisar antara 43 Kbps sampai 56 Kbps.Selain TelkomNet Instan, sebenarnya ada lagi ISP-G lain, yaitu LinkNet.
b)      Cara Lengkap Mengakses Internet
Internet bisa diakses melalui beberapa perangkat elektronik seperti handphone, tablet, computer, atau laptop. Untuk langkah berikut ini adalah langkah mengakses internet di Komputer :
1.      Hidupkan PC atau Laptop Anda
2.      Pastikan komputer anda terhubung ke Internet, bisa melalui modem, LAN, atau wifi
3.      Setelah itu lalu pilih icon menu internet browser (mozilla firefox, google chrome, opera, internet explorer, dll). Jika belum ada mozilla firefox pilih saja Internet Explorer
4.      Setelah aplikasi tadi terbuka, anda sekarang hanya perlu mengetik alamat website di address bar (kotak persegi panjang, bagian kiri atas). Lalu tekan “ENTER”




BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
1.      Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan peralatan lain yang saling dihubungkan bersama menggunankan media komunikasi tertentu, sehingga memungkinkan pengguna jaringan untuk saling bertukar  data atau menggunakan sumber daya (resource).
2.      Perangkat keras komputer terbagi menjadi perangkat keras utama dan perangkat keras pendukung. Salah satu perangkat keras utamanya adalah komputer. Tanpa adanya komputer maka untuk mengakses internet tidak akan bisa.
3.      Internet bisa diakses melalui beberapa perangkat elektronik seperti handphone, tablet, komputer, laptop, dan perangkat lainnya. Untuk langkah mengakses internet di Komputer yaitu :
a.    Hidupkan PC atau Laptop Anda
b.    Pastikan komputer anda terhubung ke Internet, bisa melalui modem, LAN, atau wifi.
c.    Pilih icon menu internet browser (mozilla firefox, google chrome, opera, internet explorer, dll). Jika belum ada mozilla firefox pilih saja Internet Explorer
d.   Setelah aplikasi tadi terbuka, anda sekarang hanya perlu mengetik alamat website di address bar (kotak persegi panjang, bagian kiri atas). Lalu tekan “ENTER”

B.  Saran
Terdapat banyak manfaat dari jaringan komputer. Dalam mengakses internet tentu kita harus mengetahui langkah-langkahnya terlebih dahulu. Pergunakanlah jaringan komputer untuk mengakses internet yang menyangkut topik-topik pendidikan, seni, olahraga, kabar seputar negeri, dan hal lainnya yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
Demikianlah makalah yang dapat kami buat. Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Apabila ada kritik dan saran, silakan sampaikan kepada kami.






DAFTAR PUSTAKA

Andik Sukamaji, dkk, (2008), Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan Jaringan, Andi Offset : Semarang.










Comments (0)